Senin, 19 Januari 2009

Hugo Chavez Kecam Obama

Pemimpin Venezuela Hugo Chavez untuk pertama kalinya mengecam presiden terpilih Amerika Serikat Barack Obama.Chavez menuduh Obama mencampuri urusan dalam negeri Venezuela. Ribuan pendukung bersorak ketika Chavez melancarkan serangan tajam kepada Obama. Hubungan antara pemerintah Bush dan Venezuela yang berhaluan sosialis ini selama bertahun-tahun buruk sehingga retorika anti-Amerika bukan sesuatu yang baru.



Namun sebelumnya para pengamat politik berspekulasi, sementara sejumlah pejabat diam-diam berharap, pelantikan Obama akan membuka babak baru hubungan kedua negara. Siapapun di Washington yang mendengar pidato Chavez ini harus menurunkan ekspektasi mereka.

“Mereka bertanya kepada Barack Obama soal Venezuela dan dia menjawab, Chavez adalah penghalang besar bagi kemajuan di Amerika Latin. Penghalang pembangunan. Kalimat ini juga berarti, mereka harus menyingkirkan Chavez,” kata Chavez.

Chavez melanjutkan pidato dengan membandingkan Obama dan Presiden Bush. Menurutnya, Obama tak banyak berbeda dengan Bush dan memperkirakan keputusan Obama akan mengacaukan Amerika dan dunia.

Di antara para pemimpin Amerika Latin Chavez sekarang dianggap paling keras. Sebagian besar para pemimpin kawasan masih berharap Obama akan membawa era baru hubungan Amerika Serikat dengan Amerika Latin.

Sumber: BBC.COM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar